Kamis, 08 Mei 2014

12 Hours Before Take Off "Surabaya-Makassar"


12 Hours Before Take Off “Surabaya-Makassar” …


Di rumah Gondel … c.Samdhya Paramatathia Karmmanya

Boarding pass kami menunjukkan waktu keberangkatan pesawat pukul 18.10 WIB dan sampai di Makassar pukul 08.20 WITA.

Akhirnya travel membawa gue keluar dari bencana ini, baju yang penuh keringet dan bau badan membuat badan udah gak betah dengan kondisi yang ada. “Mandi … gue butuh mandii …” sorak tereak badan gue yang tiba-tiba bisa ngomong. Perjalanan menuju rumah Osa sekitar 1 jam dari Stasiun Pasar Turi. AC mobil cukup membuat bau yang ada sedikit menghilang, membuat badan sedikit segar, membuat keringat berubah menjadi kristal es.

Sesampainya di rumah Osa yang kami lakuin pertama adalah salaman kayak lebaran, abis itu naro barang, dan selanjutnya rebutan kamar mandi supaya bisa segera bersih-bersih badan. Baju yang gue pake seharian selama perjalanan kemarin gue masukin kedalam plastik supaya baunya gak bertebaran.

Akhirnya badan gue merasa bersyukur karena udah bisa kebasuh sama air hangat kamar mandi Osa, otot-otot yang tegang dan mengeras menjadi lemas, sendi-sendi yang kaku menjadi kian elastis, dan pikiran yang kotor kini kembali bersih. Badan emang udah bersih, tapi perut keroncongan karna belum makan dari malem. Baru keluar dari kamar mandi akhirnya do’a terkabul, rezeki perut emang selalu ada, kayak rezeki anak yang baru lahir udah di tulis di Laumul Mahfudz.

Nasi bakar yang dibeli sama Osa kian menambah selera, sebenernya bukan karena rasa lapar yang udah melanda, tapi karena makanan kali ini adalah Gratis … intinya "Free is better than anything, when you travel with minim budget", ini salah satu kelebihan dari silaturahmi, gratisan bukan hal yang tabu macam cinta gue yang gak karuan.

Setelah istirahat beberapa lama, akhirnya kami memutuskan buat pamit dari rumah ini buat berkunjung ke teman kami yang lain, sayangnya trek menjadi dua arah gara-gara tragedi tadi pagi.

Surabaya, 01-April-2014 pukul 06.00 WIB.

Jadi, siang ini kita bisa stay dimana?” tanya gue ke Eria.

"Ke temen nyokap gue yang ada di Surabaya aja gimana? tapi gue hubungin dulu … coba lu bbm Osa, katanya dia masih di rumah, tapi dia balik Semarang jam 09.30 WIB," Kata Eria sambil coba ngasih secerca harapan.

"Yaudah, gue coba ngehubungin Mba Osa", kata Rentong yang nyoba ngehubungin.

Semuanya nampak sibuk dengan kegiatannya masing-masing, gue sama rentong coba nge-bbm mba Osa, Eria coba ngehubungin Tante Lie temen mamanya, Didhut yang lagi ngobrol sama Pak Travel, dan MIU yang masih terlelap tidur dikursi empuknya.

Akhirnya Osa ngebales bbm dan ngasih kabar gembira buat kita bisa tinggal sementara di Rumahnya, karena jam setengah 10 semua orang dirumahnya pergi, kecuali bibi yang selalu setia menjaga Rumah.

"Abis dari Osa kita kemana?" Gue nanya lagi.

"Eh, tante Lie katanya bisa buat nampung kita dan siap nganter ke Bandara sore nanti." Kata Eria dengan wajah sumbringah.

"Gue barusan ngehubungin gondel, katanya maen aja ke rumahnya tapi dia gereja dulu sampe jam 11an baru di Rumah, terus udah gue iya-in kita kesana". Rentong dengan referensi baru buat tempat kami tinggal sampe sore sebelum take off.

Berawal dari ketidakpastian, berakhir dengan banyak keputusan, inilah hidup selalu banyak pilihan. Semuanya udah kita janjiin buat silaturahmi, baik Tante Lie maupun Gondel “Panggilan sayang buat kawan kami bernama Agatha Armadhea”.

Keputusan yang berat, dua janji, satu pilihan. Akhirnya gue berempat ke Rumah Gondel, Eria dengan tas ranselnya ke tempat Tante Lie. 2 Blue Bird ”nama taxi” akhirnya dipesan dan meluncur dari sangkarnya.

Pada awalnya gue ngira tempat Tante Lie itu lebih jauh daripada Rumahnya Dhea, ternyata asumsi itu patah, karena Eria cukup ngeluarin budget Rp. 30.000 sendirian, sedangkan kami berempat harus ngeluarin budget Rp.100.000 /4orang. Artinya lokasi Dhea lebih jauh daripada lokasi Tante Lie, inilah pilihan yang udah gue pilih, semuanya penuh kejutan.

Kerjaan gue di rumah Dhea adalah makan, tidur, nonton Smack Down, dengerin adeknya Dhea nyanyi, ngabisin makanan yang ada di meja tamu. Rumah Dhea berada di Siduarjo, begitu menyengat dan panas tapi semuanya sirnah dengan es teh manis yang dikasih sama bibi di Rumah dhea.

Waktu menujukkan pukul 16.30 WIB artinya kami ber-4 harus segera pamit dan berangkat ke bandara Juanda, Surabaya.

Hujan yang turun saat itu seolah membuat suasana lebih sendu, membaca akan perpisahan yang akan segera terjadi. Apa daya kita harus berangkat segera, kalau enggak bisa-bisa ketinggalan pesawat. Kalau ketinggalan artinya …… “Liburan Gagal ….” , plan yang dua minggu direncanain sia-sia, makanan gratis yang kami makan bakal terasa hambar, tapi tenang … semua masih asumsi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar