Kamis, 27 Juni 2013

PENDAKIAN GUNUNG MERAPI


~GUNUNG MERAPI 2965mdpl~

image

~Merapi 2965 Mdpl~

"Semuanya nampak berbeda, disini aku menemukan hal baru dalam pendakianku. Sungguh luar biasa alam ciptaanNya, yang tak hendak membuatku berhenti memuji namaNya, keindahan tiada tara kudapatkan pada perjalanan kali ini. Merapi !!! … , Sukmamu Menancap dalam Jiwa dan Ragaku"

Pendakian kali ini sedikit abssurd brur, ini adalah pendakian yang bener-bener mepet … tapi lu tau sendiri kan gua kalau naik gunung pasti mepet. Waktu itu Jum’at 21 Juni 2013 … berawal dari kesetresan kita sebagai praktikan dari praktikum Geomorfologi dan Petrologi, waktu itu tuh saatnya kita presentasiin hasil dari mapping kita, dan faktaanya adalah presentasi gua gaaatooooootttt alias gagal total. Betapa galaunya gua saat itu, pokoknya pikiran amburadul dah, untung ada temen gua yang baik hati Tommy Supratama yang ngajakin kita naik gunung sehabis presentasi, cuma ternyata yang semula kita bakal berangkat 9 orang, faktanya seleksi alam menggerus temen-temen gua yang katanya cape, dan bersisa cuma 4 orang tangguh, hmmm . .. bukan tangguh tapi nekad, hahahha. Waktu itu kelar presentasi sekitar pukul 7 malam, ya bisa lu bayangin jarang dari Semarang ke Boyolali berapa jam, belum ditambah macet. Pada akhirnya 4 orang pejantan tangguh, yaitu gua Rafli Riandi Kusnadi, dan tamu undangan yang tidak diharapkan kehadirannya, cuma karena dia sohib ane brur dari SMAdan sedang bertamu, dengan suka cita gua ajak naik Merapi. dan asal lu tau, cah agak gendut ini baru pertama kali naik Gunung, dan itu langsung Merapi "kagak kebayang gimana jadinya -___- #okpercayaajadeh" , dan pendakian gua kali ini pun ditemenin dua sohib gua dari Geologi, yayaya mereka itu 2 makhluk yang sama kayak gua, sedikit prustasi, tapi prustasinya banyakan gua, soalnya mereka presentasinya lancar dan adem anyep. Mereka adalah M Frasetio Pambudi, dan El Muhaimin.

Akhirnya setelah tektekbengek persiapan ini itu kita berempat berkumpul di toko indo bunderan kampus, yang selanjutnya kita ngisi bahan bakar, dan ngisi bahan bakar malam itu adalah sebuah kesalahan brur ! kenapa? soalnya Bbm bakal naik jam 00.01 dini hari … Terus kenapa raf ? entahlah rakyat kita kenapa, rakyat kita itu dikenal gak mau rugi sedikitpun orangnya, mereka pada ngisi bbm sefullfulltengnya kendaran bermotor mereka sebelum bbm naik esok hari, tapi gila !!! semua SPBU macet, fenomena ini jarang terjadi loooh, gua kira SPBU macet dan banyak aparat keamanan berjaga di tempat tersebut, itutuh ada konser java jazz di SPBU, ok lupakan BBM dan kita lanjutkan perjalanan, yang jelas "Traveller sejati gak pernah mikir harga bbm, berapa ongkos kesana kemari, tidur dimana, makan apa,ketemu siapa ya disana, ada hantu atau enggak ya di tempat itu"alamaaaaaaa … itu pikiran yang bakal buat lu diem di kosan, alias gak jadi-jadi berangkat, kalau lu mau jalan ya jalan aja dan jangan lupa yang terpenting "Pamit sama orang tua alias ijin"yang jelas kemanapun kita hendak pergi selalu kabarin orang tua kita, jangan sampe bikin mereka cemas brur… . . Ok lanjutkan perjalanan.

Jadi waktu itu sekitar pukul 10 malem, ban motor yang gua pacu "udah kayak naik kuda" sama Reza Id mengalami kebocoran … hmmm, mau gak mau kita harus nambal dong brur, dan ternyata setelah berjalan berkilo-kilo meter, dikurangi berkilo-kilo meter, alias dari tempat bocornya ban sama tukang tambal ban itu cuma kayak lu ke kamar mandi kosan lu sendiri, deket ya Allah, Alhamdulilllah … . disitu gua dan rombongan Muhaimin terpisah "emang berapa banyak yang ikut, yakali dibilang rombongan -___- #cuma4bous" gua calling callingan sama Muhaimin, hmmm … miris brur, gua tau gua jomblo, tapi kenapa harus smsan dan calling callingan sama abang ini -__- dan ternyata dengan yakinnya mereka menuju arah Magelang, yang sebenernya itu gak salah juga sob, cuma gua sama Reza lewat ke Boyolali, padahal jalur selo itu bisa ditempuh dari Boyolali maupun Magelang. Sekitar pukul 12.30 dini hari gua sampe di jalur Selo, dan ternyata gua dapat kabar bahwa haluan kapal perang Muhaimin dan Frass di serang mundur oleh kompeni, mereka dengan ketidakpercayaannya balik lagi menuju Bawen, padahal saat itu mereka udah nyampe Magelang, dan padahal jalur Selo juga bisa ditempuh lewat sana dan cuman 30 menit, ok fine gak masalah, entah gimana cara frass bawa itu kapal perang, akhirnya setelah berjam-jam, pukul 13.40 mereka nyampe di Selo lewat Boyolali, busettt dah beneran ini mah mereka naik motor apa terbang.

Akhirnya kita beristirahat sejenak menunggu badan kembali fit, dan setelah membayar administrasi sebesar Rp. 5.000,00 di pos Merapi jalur Selo, kita langsung berdo’a dan melanjutkan pendakian. Dengan yakinnya kita berangkat, dan ada satu hal yang gua lupa, sohib gua brur, hahahaha Reza Ilman Drajat, gua lupa kalau dia baru kali ini ngedaki gunung, dan ternyata udah ketinggalan jauh … dengan gak henti-hentinya gua semangatin babon ini dia jalan udah kayak hulk di gurun pasir, udah mau mati, wkwkwkwkwk … Kasian elu za, first time lu naik gunung eh malah gua kader di Merapi … Kasian brur, kini Muhaimin dan Frass sudah jauh di depan, dan dengan jalannya yang kayak keong Reza Id mendaki … yang jelas gua maklum dia kayak gitu, soalnya gua pernah ngalamin juga, hahaha … akhirnya malam itu kita berjalan bersama, awalnya mencoba untuk ber4 terus, cuman berhubung sohib gua ini letih, lesu, lunglai, kecapean, dan mau mati, akhirnya gua temenin terus selama pendakian, gua tuntun,gua tuntun terus gua jebrosin ke jurang, hahaha "yang terakhir gak mungkin gua lakuin" . Kita berjalan udah hampir 2 jam, Reza Id pun terus-terusan mengeluh, cuma gua salut sama dia brur, trek Merapi gua akuin luar biasa terjalnya, dan ini pertama kali dia naik gunung langsung disuguhin trek kayak gini, memang mantap kau nak, Ayo Semangat za !!! "gua tereak tereak saat itu, udah kayak emak-emak nereakin anaknya nyuruh makan … Woyyyyy !!!".

image


Ini dia babon impor, hahaha … Reza Id … Semangat brurr !!!

image

"Ayo za di depan puncak “itulah kata-kata yang gua lontarin saat orang ini kecapean dan ngeluh" hahaha, padahal masih jauh …

Ada banyak hal yang pingin gua tunjukin ke Reza, saat kita naikgunung, yang tak lain adalah selalu mengucap syukur karena selama pendakian kita disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa indahnya … dan ternyata benar, Reza merasa ini adalah tempat yang luar biasa, panorama begitu semerbaknya memperlihatkan aroma wanginya, diapun terkagum dan bersyukur, bahwa kami masih diberi kesempatan untuk menikmati alam ciptaanNya. Yessss, tujuan gua tercapai … itulah tujuan gua ngajak dia naik gunung, supaya orang ini tau apa sih yang bakal lu liat pas naik gunung, dan mendaki itu gak kayak lu catwalk di panggung, ini bener-bener harus berjuang keras sekeras tenaga, dan satu hal lagi, mendaki tanpa do’a yang baik sama dengan nihil sob, niatkan hati untuk mendaki, niatkan diri untuk menikmati dan melestarikan alam CiptaanNya. Setelah berjalan lama akhirnya matahari mulai menampakkan dirinya, dan saat pagi itu gua pengen ngasih pengalaman berharga buat sohib gua ini, yang jelas ini gak akan dia lupain seumur hidupnya, hahahaha … saat itu awalnya gua udah bete karena harus nemenin orang ini, soalnya dia manja, dikit-dikit istirahat, hehehe, akhirnya gua mutusin buat ninggalin dia sampe tempat selanjutnya … dan pas kita agak jauh dia tereak-tereak … "Raffliiiiiiiii !!!" macam Giant di Nobita dia manggil, dan gua dengan santainya bales tereakannya “Wooyyyyyyy!!!", dan pas dia tereak lagi “Rafliiiiiiii !!!!" gua gak nyaut dan langkah kaki, gua laju lebih cepat, gua pengen denger cerita dia naik sendiri, walaupun cuma 200 meter kedepan, setidaknya ini bakal jadi pengalaman berharga, dan dia bakal lebih mengenal dirinya sendiri … "Karena ketika kita sendiri dalam keheningan, kita bakal lebih mengenal diri kita sendiri, seperti apa kita sebenarnya, dan semuanya begitu indah saat jadi diri sudah dalam raga". Asal lu tau, saat itu kalau lu bilang … lu gak panik apa ninggalin sohib lu jalan di utan sendirian, hmm … gimana ya … hahaha, busetttt gua super duper panik, apalagi pas gua nyaut nama die, dia kagak nyaut sautan gua, yang nyaut malah burung disamping gua … hualah, saat itu gua sempet mikir, apa yang bakal dia lakuin ya pas sendiri, apa dia keperosok di jurang, atau dia balik lagi turun ke posko pendakian, hmmm … ah itu gak mungkin, gua tau kok kayak gimana orang ini, walaupun dia dari semalem ngeluh terus, cuma gua yakin dalam dirinya ada semangat yang kuat buat terus mendaki, dan gua tau Reza, dia gak akan nyerah sampe bates limit badannya udah gak bisa lagi buat jalan. Beneer aja sob, setelah setengah jam gua nunggu, dan akhirnya dia dateng juga, wkwkwk… mukanya marahh gitu, merah, dan ada sedikit lecet … Alhamdulillah tuh orang kagak mati, gua kira udah dimakan babi utan, hahha eh mana ada babi utan di lereng Merapi. Ternyata dia gak marah sob, dia malah berterima kasih sama gua, walaupun dia agak emosi karena dia ditinggal sendiri ditengah utan, wwkkwwk … dan gua juga berterima kasih sama dia, udah jalan sejauh ini dan udah percaya sama dirinya sendiri, disinilah batin dan raga berbicara, saat lu jalan sendiri, yang memutuskan pilihan mau kemana lu berjalan adalah diri lu sendiri, bukan kicauan burung, bukan berharap nunggu bala bantuang … tapi "DIRI LU SENDIRI !!!".

image


Sunrise menyambut hangatnya pagi di Merapi … :)

image


Sunrisenya mulai live song …

image


Si Kuning Cantik sudah mulai menampakkan keindahannya …

image


Awan hitampun memudar …

image


Beautifull Sun … :*

image


Narsis dikit lah ya … hahaha

image


Itu dia PUNCAK MERAPI …

image


Ada Bule Coyyyyyy … Tuh Bule aja tau mana Tempat Azikkkk !!!

image


Makhluk tak diundang Datang … . Hahahahhaha …

image

Liat Mukanya … minta di jorongin ke Jurang … wkwkwk

image

Siap Tempur dan Kembali Berjalan …

image

Awannya Bagus :) …

Oh iya, kemana Muhaimin sama Frass … “Woooyyy Fliiiii !!!!!!" tereakan Muhaimin dari salah satu bukit diatas, hahaha ternyata mereka udah di depan, udah dari tadi nungguin kita, cuma mau gimana lagi, gua disini bawa sohib, dan yang jelas mendaki pelan atau cepet, gua yakin dengan niat yang bener lu pasti dibawa ke puncak gunung yang lu daki. Setelah dia sampe dan curhat perjalanan dia tadi, gua ngasih dia penghargaan, wkwkwkw yaitu beberapa potong roti kismis … tapi gua liat ni orang udah senyum-senyum aja dan ngerasa gak percaya kalau dia udah berjalan sejauh ini dengan tak kurang sesuatu apapun, Alhamdulillah. “Ayo kita ke puncak za, dikit lagi kok? gua ngerayu supaya ini monster cepet jalan… “Bentar lah gua masih cape … kita naik jalur kayak tadi lagi, terjal gila kagak karuan?" hahha agak emosi karena cape … dengan santainya gua jawab “dikit lagi kok, di depan sehabis bukit itu ada pasar bubrah ! itu kayak lapangan gitu, gede banget, lu boleh tidur deh disana …" mulai doktrin lagi … dan akhirnya dia berkemas dan kami melanjutkan perjalanan… hahaha. dan gua liat ternyata Frass sama Muhaimin udah gak ada di bukit tadi, mereka udah jalan ke pasar Bubrah … dan sesampainya disana, kita bener-bener di suguhin dengan panorama yang mantap tiada banding, lautan awan, dengan angin semilir-semilir, puncak Merapi dengan kawahnya yang terus mengeluarkan asap, dan hamparan tanah yang luas “Pasar Bubrah" …

image

Mendaki Tiada Henti !!! …

Berfose …


Subhanallah …


Gumapalan Awan …


Birunya Awan …


Pasar Bubrah “Mapeagi" …

Sesampainya disini kita beristirahat sejenak, dan menyaksikan Frass sama Muhaimin yang udah mau ke puncak, dan asal lu tau buat ke puncak jalurnya luar biasa, kali ini lu bukan menapak diatas soil, melainkan lu harus mendaki diatas pasir, hmmm macem naik puncak mahameru … Setelah sejenak beristirahat, gua mutusin buat naik, hehe … ada satu misi lagi sebenernya, gua punya temen cewek anak T.Industri Undip, dia cantik lohhh, friendly, baikkk pula #eh, sebenernya dia ulang tahun tanggal 20 Mei kemarin, cuma gua saat itu gak ngucapin sepatah dua patah katapun, gua gak ngucapin kata “Selamat" ataupun “UlangTahun", intinya gua gak ngucapin “Selamat Ulang Tahun" di hari ulang tahunnya, karena gua udah janji buat ngucapin itu di salah satu puncak gunung yang belum gua daki, dan di Merapi ini gua memutuskan buat menulis di sepucuk kertas bertuliskan selamat ulang tahun buat dia, dan bener dah, buat nyampe puncaknya itu gak gampang, usaha aja gak cukup, kalau gak ngeyakinin diri nyampe puncak, lu bisa jatoh dari lereng yang kelerengannya sampe 40 derajat, miring banget, terjal dah … cuma gua gak mau nyerah, soalnya ini misi penting banget, gua udah ngaret banget dan belum nepatin janji gua … akhirnya langkah kaki gua pacu, menapak dan melangkah diatas pasir yang berupa lepasan, kalau lu salah nginjak, ya gimana lagi, paling jatoh … Setelah berjalan sekitar setengah jam, gua hampir nyampe puncak, dan faktanya gua salah jalan, saat itu gua dihadapin dengan tebing curam, itu sekitar 90 derajat bener bener tegap, yang gua pikirin saat itu adalah gua nyari jalan lain dan itu aman, atau gua naik itu tebing, jatoh, terus mati -___- ok gua cari jalur aman. Saat pendakian ini gua ditemenin sama bule gitu brur, cuma sayang dia sama lakinya, hahaha alias sama suaminya, ternyata dia juga baru pertama kali naik Merapi, dan ternyata dia lagi Hanimun -___-, gua sempet klenger dengernya, tenyata mereka Hanimun ngetrip gunung-gunung di Indonesia, mereka barusan naik Merapi cuma 2 jam, busettt dah jalan apa terbang. Ok have a nice day Mrs and Mr, Selamat berhanimun … akhirnya setelah perjuangan tiada henti, gua sampe juga di puncaknya, dan ternyata di puncak itu cuma ada dataran semping banget dan pasirnya bener-bener licin, dan di puncak ini gua menuntaskan janji gua, buat ngucapin Selamat Ulang tahun buat Nadia Azhari Setyorini … "Selamat ulang tahun brur :) …"


Trek yang harus gua lalui bro …


Siapkan pundak, luntut, kaki …


Awan dan Kabut menemani pendakian …


Ngayakinin diri buat terus melangkah …


Curamnya lereng Gunung Merapi … Tapi … Tetep Azikkkk …


Akhirnya Puncak Juga :)


~Selamat Ulang Tahun Nadia Azhari Setyorini~

Menikmati Puncak … Bener-Bener Nikmat …


Berfose dulu dah …

Setelah menikmati pemandangan beberapa saat, akhirnya badai menerpa . .. jadi setiap pukul 12 siang, dilarang ada yang ke puncak Merapi, soalnya jam segitu badai datang, dan asap yang dikeluarkan dari kawah itu beracun, alias ngandung gas carbon yang pekat, makanya kita mutusin buat turun … Oh iya, sohib gua si Reza gak ikut muncak, soalnya dia masih belum terlalu metal buat naik, dan dia mutusin buat tidur di Pasar Bubrah, hahaha… untung elu gak dipindahin za … . hmmm dipindahin siapa? #lupakan … hahaha. Akhirnya gua, Frass, Muhaimin, Bule serta Porter dan beberapa teman lain turun dari puncak. Ini asik banget brur, pas turun gua berasa berseluncur diatas pasir, jadi lu gak cape deh pokoknya pas turun. Sesampainya dibawah kita istirahat sejenak dan makan sebentar. Akhirnya kita semua turun gunung, dan seperti biasa gua sama Reza belakangan, hahaha… kali ini Reza udah gak engos engosan lagi, sekrang dia udah kenal sama ritme pendakian, walaupun sesekali kecapean, dan itu adalah hal yang wajar. Setelah 3 jam gua sama Reza jalan, akhirnya kita sampe juga di Pos Pendakian … Alhamdulillah, hari ini benar-benar luar biasa, dan kita semua terkapar tepar … hahahhaa. Sehabis makan dan istirahat akhirnya kita mutusin buat balik ke Semarang … Alhamdulillah.

Oh iya sebenernya gua punya cerita lain tentang Merapi, satu cerita tentang Gita udah gua ceritain di tulisan gua sebelumnya … gua mau cerita tentang “Pasar Bubrah", pasar ini dikenal mistis oleh warga sekitar, dan para pendaki … Hmm, gua mau cerita menurut versi gua mengenai “Pasar Bubrah" di next tulisan gua … hehe, tunggu ya … soalnya perlu energi ekstra buat bahas “Pasar Bubrah" ini.

Thanks buat semuanya, Thanks to Allah udah ngasih kita kesempatan yang luar biasa ini, buat tamu tak di undang Reza Ilman Drajat dateng jauh-jauh dari Jakarta cuma buat ngedaki sama gua, thanks buat semangat tiada henti Frass dan Muhaimin, terima kasih buat Gita yang udah ngasih pengalamannya, kamu adalah wanita menginspirasi, Terimakasih buat kalian pecinta alam yang senantiasa menjaga kelestarian alam CiptaanNya, terima kasih untuk “Pasar Bubrah" yang membolehkan kami untuk singgah disana, buat macan putih, dan kerajaan baru, buat temen-temennya Mbah Brewok terima kasih. See U Next Trip.


Reza, Frasss, dan Ogut …


Reza, Muhaimin, Ogutttt …


Pertahanin Semangatlu brur, See u Next Trip …



7 komentar:

  1. curhat seorang pendaki.. :D
    but manteb..

    BalasHapus
  2. kamu berbakat jadi penulis bro...berasa ikut naek merapi nih... aku jadi pengunjung setia blog mu...
    oia, aku baru pertama naek gunung, kebetulan waktunya bareng sama kamu naek merapi, kebetulan juga aku jadi "tamu tak diundang" ikut temen2mu ke Mt. Sumbing (Mufid, Sidik, Yudha, Yudia, Noel)
    hasilnya pun 11-12 sama temenmu Reza itu...
    keep posting ya,,,,

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. aseli foto2nya bikin ngiri. haaaa tulisan+foto2nya bikin jadi pengen banget ke tmpat2 itu..
    bagus rafli, cocok jadi penulis..(y)
    bakal jadi pembaca setia nih,

    BalasHapus
  5. Makasih Iis :) . . . Semoga bermanfaat.

    BalasHapus