Jumat, 02 Agustus 2013

Pemandian Air Panas Prataan

WISATA AIR PANAS PRATAAN

Berada di pelosok Hutan Perhutani … Air panas ini mencuat ke permukaan di tengah belantara lebatnya ribuan pohon jati … Ya !!! Air Panas Prataan benar-benar berada diantara bukit-bukit gamping dan pohon-pohon yang sangat lebat. Namun demikian, akses menuju lokasi ini tidak terlalu sulit. Berada 20 Km dari Kota Bojonegoro dan 10 Km dari Kec. Montong Tuban dengan akses jalan yang tidak terlalu sulit, karena pada dasarnya jalan menuju lokasi wisata cukup bagus.

"Apabila dilihat dari lokasinya yang berada di tengah-tengah perbukitan gamping dan tidak adanya gunung api di daerah sekitar, diinterpretasikan air panas ini muncul akibat dari panas yang menyusup melalui rekahan di bawah tanah yang diakibatkan karena geopressure yang dialami tanah dibawah permukaan bumi yang menyebabkan gas menyusup ke atas melewati rekahan yang ada, sehingga panasnya mempengaruhi anomali air yang dilingkungan tersebut" #SotoyHahahaa, sebenernya harus ada uji lab gitu brur buat tahu itu air panas kenapa bisa ada di lokasi tersebut … wacana diatas ya interpretasi suka-suka gua aja … hehe.


Pintu Masuk Menuju Pemandian Air Panas …


Jadi gua berangkat ke tempat ini gak sendirian brur … kita dateng ke tempat ini itu ber4, gua, ander, arul dan didhut. Maklum sekitar seminggu habis mapping daerah Tuban yang notabene perbukitan yang isinya batu gampinggggggggggggg semuaaaaaa … Jam 16.00 kita berangkat dari basecamp daerah Montong, sampe tujuan itu sekitar jam 16.30 WIB, dan faktanya adalah tempat pemandian air panas tutup jam 17.00 WIB, wkwkwkwk jekpot banget dah … tapi emang kalau berendam itu gak usah lama-lama cuk, entar badan lu jadi peot looohhh "ngarang". Bau belerang yang tajem adalah alesan paling jekpot yang buat lu gak berendem lama-lama di kamar mandi. Lagian emang mau ngapain sih lama-lama di kamar mandi … atau mauuuuuu … #mikirkeras.

Loket Tiket cuk …


Jadi lu harus beli tiket masuk dulu biar bisa berendem di pemandian air panas … Nah dilokasi wisata ini air panas dari sumber di tampung gitu brur, dialirin ke kamar-kamar mandi. Sehabis bayar sekitar Rp.9000,00 lu udah bisa masuk ke kawasan Perhutani dan berendem sepuasnya dah, cuma inget bau belerang gak terlalu bagus buat pernafasan kita. Abis bayar kita bakal dikasih kunci harta karun alias kunci kamar mandi tempat kita berendem, dan masing-masing orang dikasih satu kunci kamar mandi.


Ini Dia Kamar Penyimpanan Harta Karun …


LOKET …

Sebelum mandi gua sempet kaget nih brur … Jadi, ada beberapa peraturan gitu sebelum kita memasuki ruangan hot yang satu ini. Larangan atau lebih seneng gua bilang pantangan itu diantaranya :

Pantangan Pertama …


Pantangan Ke Dua …


Setelah gua analis pantangan pertama kenapa ada papan segede gaban dipasang didepan kamar mandi yang isinya ngelarang pria atau wanita sekamar mandi, mungkin karena dulunya ini tempat sering dipake buat mesum dan larangan lewat lisan udah gak bisa ditaati, makanya dipasang tulisan segede gaban itu #ngarang … Yang jelas dengan adanya papan itu mencegah segala macam kemaksiatan dan perjinahan … kan asoy tuh kalau diijinin berduaan di kamar mandi, bisa-bisa masuk berdua keluar bertiga #ngaco.

Nah kalau buat pantangan yang kedua ini cukup menyakitkan sob, masalahnya kan kasian kalau misalkan orang yang bersangkutan punya penyakit diatas, istilahnya kayak macam di PHP gitu … udah jauh-jauh ke lokasi ini buat berendem, eh taunya pupus sudah pas baca ini himbauan -__-". Cuma yang jelas pasti tujuannya baik kokk, ya emang bener sih kalau misalkan mandi air panas alami emang harus dalam keadaan fit sefitfitnya, pada suhu dan tekanan tubuh yang stabil.

Kamar Mandi No 1 “Tempat Berendemnya paling gede brur"haha


Keran kiri air panas, keran kanan air dingin …


Salah satu aliran air panas .. .. ..


Kolam renang di tempat wisata … agak kotor brur.


Keluarga Si Otong …

Setelah 20 menit berendem … badan yang tadinya kaku banget sekarang langsung lemes gitu brur, jadi enak banget deh, pegel dari seminggu mapping berasa ilang plong gitu deh, ajibbb brur !!!. Yang jelas kalau lu main ke Tuban lu harus nyempetin ke tempat ini, tempatnya sepi dan air panasnya nampollll banget.

Oh iya jangan ganggu monyet monyet diatas ya … mereka bringas banget, masa pas mau gua foto tiba-tiba mau nyakar gitu … hahaha tapi emang iya sih monyetnya gua gangguin. Mereka kasian brur, dirante gitu deh … Cuma emang kalau gak dirante pasti ganggu, tapi kan ini habitat mereka, Hadeuh -__- yang sabar ya Otong Family’s. Akhirnya berhubung udah sore dan udah mau buka puasa, kita langsung cabs gitu dari lokasi ini menuju basecamp, dan faktanya adalah pas nyampe udah bedug magrib, hahaha … Alhamdulillah. Pokoknya tempat ini asikk deh brur … See U Next Trip.



2 komentar:

  1. jadi keinget muter-muter nyari sumbernya malah nemu sungai ngeri itu raf,haha

    BalasHapus
  2. hahaha pengalaman paling aneh emang -__-

    BalasHapus