Kamis, 07 Agustus 2014

10 Tips Backpacker ke Gunung Rinjani, Lombok

Bulan Agustus merupakan bulan yang cocok buat dijadiin ajang traveling, kenapa demikian ? Karna dibulan ini wisatawan asing banyak berkunjung ke negara kita, Indonesia. Lantas apa urusannya? Banyak hal yang bisa kita dapet dalam hal ini, selain bisa berinteraksi langsung dengan mereka, kita juga bisa mengetahui banyak hal unik tentang kebiasaan turia tersebut, dari mulai selera makan, beeinteraksi, hingga bagaimana cara mereka dalam menikmati alam.
Lombok adalah tempat favorit para turis mancanegara untuk berkunjung, selain untuk menikmati pesisir pantainya yang indah, untuk sekedar diving, snorkeling, atau surfing sekalipun, lombok juga dikenal sebagai lokasi hiking terbaik di Indonesia, yakni di Gunung Rinjani.
Ada 10 tips buat temen-temen yang sekiranya mau backpacker kesana, tentu ini akan cukup membantu :

1. Pastikan kondisi badan fit 100%
- Kondisi badan yang sehat sangat diperlukan dalam hal ini, yakni backpacker. Karna, perjalanan panjang akan ditempuh dalam jarak yang jauh, khususnya untuk teman-teman yang berada di pulau luar NTB dan Bali.
2. Catat akomodasi perjalanan sebaik mungkin
-Hal ini diperlukan supaya kita tau, kendaraan apa saja yang harus dinaiki hingga sampai ke lokasi
3. Bawa alat mendaki selengkapnya
- Apabila hendak mendaki maka yang utama dibawa adalah alat pendakian, maka dari itu bawalah alat selengkap mungkin, sehingga memudahkan proses pendakian.
4. Coba lihat referensi catatan perjalanan dan pendakian
- Hal ini diperlukan supaya kita mengetahui rute mana yang akan kita tempuh, serta kita dapat melihat gambaran seperti apa trek pendakian yang akan kita hadapi nanti.
5. Siapkan budget yang memadai
- Backpacker artinya menghemat, namun yang pasti bawalah uang yang mencukupi, jangan sampai kita malah kesulitan diperjalanan pada saat dana yabg dibawa tidak mencukupi, nekad boleh tapi perhitungkan segalanya dengan baik sebelum melakukan perjalanan.
6. Bawa obat pribadi
- P3k selalu penting dalam perjalanan, maka dalam hal ini cobalah untuk membawa alat p3k dan obat yang diperlukan. Hal ini dilakukan untuk mencegah cidera dan kondisi badan yang tidak fit.
7. Hati-hati dengan c*a*l*o
- Kenaikan tarif berlipat seringkali dialami orang yang tidak mengetahui tarif normal suatu angkutan, maka dari itu bacalah referensi tarif kendaraan yang ada, kemudian pintarlah bernegosiasi, jangan sampe anda dibohongi.
8. Pahami peta lokasi yang dituju dengan baik
- Bawalah peta atau sedia map digital dari ponsel, hal ini digunakan untuk mengetahui arah serta fasilitas umum yang ada di daerah tujuan, seperti tempat ibadah, puskesmas, dll.
9. Iritlah diawal perjalanan
- Hal ini dilakukan supaya uang tersimpan cukup banyak, untuk persiapan esok harinya.
10. Bawalah perbekalan yang mencukupi selama pendakian
- Logistik sangatlah penting dalam pendakian, apakagi hal itu diperlukan untuj beberapa hari, karena mendaki gunung Rinjani tidak cukup 1-2 hari, maka dari itu bawalah makanan dan minuman yang cukup.

Semoga tips seadanya ini bermanfaat untuk liburan teman-teman yang hendak mendaki gunung Rinjani. Good Luck !!!

1 komentar: